Jumat, 25 Maret 2011

REOG BKAK



REOG BKAK


Yang memperkenalkan secara nasional Kesenian Reog adalah Kelompok BKAK (Reog Badan Kesenian Anggota Kepolisian) sebuah kelompok dari Polri (dahulu: Angkatan Kepolisian). Para pemainnya adalah Mang Udi, Mang Diman, Mang Hari dan Mang Dudung. Atau sekitar tahun 1967 muncul perkumpulan Reog Wanita dengan tokohnya Pak Emen dan Ibu Anah dan kemungkinan di daerah lainyapun bermunculan seni reog hanya tidak tercatat secara jelas.

Anggota BKAK terdiri dari :

Mang Udi
Lahir di Sukabumi. Pendidikan : Lulus SD. Anggota Polri yang juga menjadi anggota grup lawak Reog BKAK ini mulai. Ikut main film sejak tahun 1971 dalam produksi "Singa Betina Dari Marunda". Hampir dari seluruh filmnya ia selalu main bersama-sama anggota Reog BKAK yang lain, yang terdiri dari Mang Dudung, Mang Diman, Mang Hari dan dia sendiri.Peran yang dibawakannya kebanyakanadalah peran komedi sesuai dengan profesinya sebagai pelawak.

Mang Dudung (Dudung Endang)
Mang Dudung mulanya adalah pemain sandiwara sekaligus pelawak. Karir tersebut dimulai sejak tahun 1943. Tahun 1950 ia masuk menjadi anggota POLRI dan ditempatkan pada bagian film sebagai juru potret dan juru kamera. Pekerjaan ini dilakukan sampai tahun 1964. Sesudah itu ia ditempatkan pada dinas Penerangan POLRI Mabak dengan pangkat Mayor Polisi. Pada saat dinas kepolisian inilah ia membentuk grup lawak Reog B.K.A.K. Meskipun Mang Dudung main film sejak 1954 namun baru dikenal tahun 1972. Sesudah itu ia bersama-sama anggota Reog BKAK main dalam beberapa produksi dengan peran sebagai pelawak.


Mang Harry
Lahir di Bandung. Pendidikan : SLP klas II. Anggota POLRI ini juga menjadi anggota grup lawak BKAK bersama-sama mang Diman, Mang Dudung, Mang Udi. Pertama ia main dalam "Lutung Kasarung" (1952). Untuk film-film selanjutnya ia selalu bermain bersama anggota BKAK lainnya dalam peran-peran kocak. Film lainnya di mana ia ikut main antara lain : "Ratu Ular" (1968), "Spion 025" (1973), "Babi Ngepet" (1977), dan lain-lain. Di samping itu ia juga ikut main dalam film - film iklan.

Mang Diman
Lahir di Jogjakarta, 23 November 1930, meninggal di Jakarta, 21 Agustus 2001) yang bernama asli R. Soepardiman Hardjosepoetro adalah seorang aktor dan pelawak Indonesia. Selain itu beliau juga dikenal sebagai seniman reog sunda. Sebagai anggota polisi bagian kesenian, sempat pula menjadi pemain ketoprak Margo Utomo. Beralih menjadi anggota BKKN (kelak ganti nama menjadi BKAK). Bersama tiga mitranya: Mang Dudung, Mang Udi (keduanya sudah lama meninggal), dan Mang Harry, mereka membentuk kwartet lawak Reog BKAK yang sempat malang-melintang pada era 1960-1970-an.


DOWNLOAD DISINI

REOG BKAK SIDE A D o w n l o a d

REOG BKAK SIDE B D o w n l o a d

2 komentar:

  1. file download sudah tidak aktif pak, mungkin sudah dihapus :)

    BalasHapus
  2. sekalinya nemu link sudah invalid, padahal pengen nostalgia inget jaman dulu, mohon di perbarui linknya terimakasih

    BalasHapus